OneShoot 1 Kali UKMPPD dengan Try Out Gratis

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter disingkat dengan UKMPPD merupakan ujian yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa profesi kedokteran atau dokter muda. Website TO UKMPPD ini dibuat untuk membantu dalam proses belajar kamu untuk sukses Ujian CBT UKMPPD OneShoot. Segala latihan soal yang ada di website ini dapat dikerjakan secara gratis dan bisa diulang terus menerus sehingga kamu ingat. Sebelumnya kita akan membahas mengenai ukmppd terlebih dahulu

UKMPPD Apa itu?

UKMPPD adalah pengujian dan penilaian bersifat nasional bagi mahasiswa program profesi dokter atau dokter gigi. Tujuan dari Uji Kompetensi ini diselenggarakan untuk :

  • menjamin lulusan program profesi dokter atau dokter gigi yang kompeten dan terstandar secara nasional
  • menilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai dasar untuk melakukan praktik kedokteran
  • memberikan umpan balik proses pendidikan pada fakultas kedokteran atau kedokteran gigi
  • memantau mutu program profesi dokter atau dokter gigi dalam rangka pengambilan kebijakan oleh pemerintah

Ujian kompetensi ini tidak hanya diselenggarakan di Indonesia namun juga di Amerika dan negara lainnya. Di Indonesia sendiri ujian ini untuk menstandarisasi dokter di Indonesia, terdapat 2 ujian yaitu ujian CBT dan ujian OSCE. Untuk ujian CBT sendiri terdiri dari 150 soal yang dikerjakan selama 200 menit.

UKMPPD Momok Dokmu?

Tujuan dari diselenggarakannya UKMPPD sudah jelas yaitu ujian akhir untuk mahasiswa program profesi dokter yang menentukan apakah mahasiswa tersebut mendapatkan gelar dokter atau tidak. Oleh karena itu UKMPPD sering dianggap momok karena jika tidak lulus maka harus mengulang ujian lagi untuk mendapatkan gelar dokter tersebut setelah melalui pendidikan profesi dokter selama 2 tahun. Tidak jarang ada beberapa mahasiswa yang mengulang berkali – kali. Jadwal UKMPPD ditentukan oleh Kemristekdikti. Kemristekdikti menyelenggarakan ujian ini sebanyak empat kali dalam satu tahun. Akan tetapi biasanya persiapan untuk ujian ini hanya berlangsung 1 bulanan. Persiapan yang hanya sebentar itu harus diimbangi dengan cara belajar yang efektif salah satu cara belajar yang efektif untuk ujian ini adalah latihan soal.

Jadwal UKMPPD

untuk jadwal UKMPPD dapat mengunjungi website resmi UKMPPD dari kemenristek dikti di link ini.

Cara Belajar UKMPPD OneShoot

Coba banyangkan banyaknya materi yang harus dipelajari untuk ujian UKMPPD! Tidak mungkin persiapannya hanya seminggu atau dua minggu sebelum ujian apalagi sistem kebut semalam.

Cara yang paling efektif untuk mempersiapkan ujian UKMPPD adalah dengan mengerjakan soal dibandingkan dengan membaca ulang materi yang sudah dibaca. Akan tetapi jika kamu belum memahami dan mengerti gambaran besar materi atau penyakit sebaiknya dibaca ulang terlebih dahulu, prioritaskan yang kompetensinya 4A.

Dengan terus berlatih soal ujian UKMPPD akan meningkatkan daya ingat kita karena kita secara aktif berinteraksi dengan materi tersebut disebut dengan fenomena tes-enhanced effect. Belajar secara pasif learning dengan cara membaca ulang materi tersebut tidak seefektif belajar secara aktif dalam hal memori karena jika kita belajar secara aktif maka kita akan me recall materi tersebut di ingatan kita sehingga daya ingat meningkat. Memori kita lebih seperti otot dibandingkan kabinet, jika kita terus berlatih untuk mengerjakan soal UKMPPD maka kita akan semakin jago dalam mengerjakannya.

Ada sebuah penelitian pada residen kedokteran. Penelitian ini membandingkan residen dengan dua cara belajar dalam mempersiapkan ujian. Hasilnya Residen Kedokteran yang cara belajarnya dengan menguji dirinya sendiri dengan soal – soal lebih baik dibandingkan residen yang membaca ulang. Oleh karena itu Website TO UKMPPD ini menyediakan berbagai soal dan materi untuk mahasiswa kedokteran dalam menghadapi ujian secara gratis.

Belajar UKMPPD

Kompetensi Kedokteran

Kompetensi Kedokteran dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan berdasarkan penyakit. Kompetensi ini harus dicapai oleh mahasiswa kedokteran pada akhir pendidikan dokter. Penyakit dalam daftar kompetensi SKDI menjadi acuan bagi program pendidikan dokter agar dokter memiliki kompetensi yang memadai untuk mendiagnosis, penanganan awal sampai penanganan yang tuntas penyakit pasien, dan melakukan rujukan ke dokter spesialis yang tepat untuk penatalaksanaan pasien lebih lanjut. Kebanyakan soal UKMPPD merupakan soal yang berkompetensi 4A. Untuk mengetahui kelompok kompetensi tersebut anda bisa membaca uraian di bawah :

  1. Tingkat Kemampuan 1 Anda mampu mengenali dan menjelaskan gambaran klinik penyakit. Memberitahu pasien cara yang paling tepat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit dan menentukan rujukan yang paling tepat bagi pasien. Lulusan dokter juga mampu menindaklanjuti sesudah kembali dari rujukan.
  2. Tingkat Kemampuan 2 Anda mampu membuat diagnosis klinik terhadap penyakit tersebut dan menentukan rujukan yang paling tepat bagi penanganan pasien selanjutnya.
  3. Tingkat kemampuan 3 dibagi menjadi 3A dan 3B. Tingkat kemampuan 3A yaitu anda mampu Lulusan dokter mampu membuat diagnosis klinik dan memberikan terapi pendahuluan pada keadaan yang bukan gawat darurat. Sedangkan untuk tingkat kemampuan 3B Anda mampu membuat diagnosis klinik dan memberikan terapi pendahuluan pada keadaan gawat darurat demi menyelamatkan nyawa atau mencegah keparahan dan/atau kecacatan pada pasien. Lulusan dokter mampu menentukan rujukan yang paling tepat bagi penanganan pasien selanjutnya. Untuk kemampuan 3A dan 3B Anda juga harus mampu menangani pasien yang dirujuk balik setelah itu
  4. Tingkat Kemampuan 4 Anda mampu membuat diagnosis klinik dan melakukan penatalaksanaan penyakit tersebut secara mandiri dan tuntas. Nah Kompetensi ini juga dibagi menjadi 4A dan 4B, Kompetensi 4B jika anda sudah selesai melaksanakan internship dan atau pendidikan spesialistik atau PKB

OneShoot atau Lulus dalam satu kali ujian UKMPPD merupakan harapan bagi seluruh mahasiswa kedokteran, Akan tetapi kamu juga harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin salah satunya adalah dengan latihan soal. Semoga website ini dapat membantu proses kamu dalam mendapatkan gelar dokter.